Peningkatan Angka Harapan Hidup Dunia dari Tahun 1800 sampai Saat Ini

Image : @worldthroughmaps(IG)


Angka harapan hidup di dunia ini meningkat setelah abad/zaman pencerahan. Pada zaman sebelum abad itu atau zaman pra modern, manusia di dunia hanya memiliki harapan hidup rata-rata hanya 30 tahun di seluruh dunia. Pada awal abad ke-19, harapan hidup mulai meningkat di negara-negara yang sudah memulai industri(industri awal), sementara di belahan dunia lainnya harapan hidup masih belum meningkat/masih rendah.

Karena persebaran negara industri pada zaman itu masih rendah menyebabkan ketimpangan dan ketidaksetaraan yang sangat tinggi bagaimana kesehatan terdistribusi di seluruh dunia.

Negara yang kaya memiliki kesehatan yang baik sementara negara miskin kesehatan terus menerus memburuk.

Selama beberapa dekade terakhir, ketidaksetaraan global ini menurun. Negara-negara yang belum lama ini menderita kesehatan yang buruk sedang mengejar dengan cepat. Sejak 1900 harapan hidup rata-rata global telah lebih dari dua kali lipat dan sekarang mendekati 70 tahun.

Di dunia modern sekarang ini tidak ada negara di dunia yang memiliki harapan hidup lebih rendah dari negara-negara dengan harapan hidup tertinggi pada tahun 1800.



Pada tahun 1800 salah satu negara yang memiliki angka harapan hidup tertinggi yaitu Inggris dengan angka 40 tahun, Sementara rata ratar eropa keseluruhan 33 tahun .

-ourworldindata
ikuti toyoong.com di:

Posting Komentar

0 Komentar