Atlet Asal Uganda Ini Berhasil Memenangkan Separuh Perlombaan Maraton Dunia Tahun 2020



Atlet asal Uganda, Jacob Kiplimo berhasil memenangkan medali emas pada World Half Marathon 2020 di Polandia.

Uniknya sang pelari jarak jauh itu masih berusia 19 tahun dan berhasil finish dengan waktu 58 menit 49 detik di kategori putra.  Kemenangan ini memberikan medali emas pertama untuk Uganda di kejuaraan tersebut.  Selain mencetak yang terbaik, Kiplimo juga mencetak rekor nasional.

Kiplimo baru-baru ini memenangkan lomba lari 5000m di World Athletics Continental Tour di Ostrava, Republik Ceko, dan lomba lari 3000m di Diamond League di Roma.

Di kejuaraan lain baru-baru ini, Kiplimo bersaing dengan teman senegara Uganda lainnya, Joshua Cheptegei, memecahkan rekor dunia lari 10.000 m di Valencia, Spanyol.

Dengan banyaknya torehan kemenangan membuat Presiden Uganda Yoweri Kaguta Museveni mengirim pesan ucapan selamat kepada Kiplimo, dan sang presiden mengatakan bahwa dia telah membuat negaranya bangga.

Selain itu daftar prestasi yang pernah di raihnya yaitu meraih emas di Kejuaraan Lintas Negara Dunia 2017 di kategori putra yunior.  Pada 2018, ia berada di urutan keempat dalam perlombaan 10.000 m di Commonwealth Games di Gold Coast, Australia.

ikuti toyoong.com di:

Posting Komentar

0 Komentar