Berapa banyak potensi sumber daya laut di indonesia?



Potensi sumber daya laut di Indonesia sangatlah banyak, dari bidang perikanan dikutip dari FAO potensi perikanan tangkap lau di indonesia yaitu sekitar 6,5 Juta Ton tiap tahun sedangkan yang berhasil dimanfaatkan baru sebesar 5,71 Juta ton tiap tahunnya. Sementara menurut Kementerian Perikanan dan Kelautan ( KKP ), potensi perikanan laut di Indonesia yaitu sebesar 12,54 juta ton per tahun.

Untuk terumbu karang yang sudah dipetakan memiliki luas 25000 km persegi. Dengan spesies ikan yang ada di lautan indonesia yaitu 8.500 spesies dan 555 spesies rumput laut.

Potensi area budidaya laut mencapai 12,1 juta hektar. Sementara potensi area budidaya rumput laut mencapai 1,1 juta hektar.

Di bidang pertambangan dan energi, Indonesia memiliki cadangan minyak dan gas bumi, selain itu cadangan mineral di laut lepas indonesia juga sangat banyak seperti perak, magan, emas, timah, zircon, pasir kuarsa, monazite, kromit, bijih besi dan nodul-mangan.

Potensi sumber daya yang terbarukan juga sangat besar, dengan wilayah pantai yang sangat luas, indonesia memiliki potensi Arus laut, gelombang laut dan pasang surut yang sangat besar. Selain itu potensi pariwisata juga sangat besar.


ikuti toyoong.com di:

Posting Komentar

0 Komentar