Esensi dan prinsip AI ( Kecerdasan Buatan )




Istilah "kecerdasan buatan" (AI) pertama kali terdengar pada tahun 1956 di sebuah konferensi di Universitas Dartmouth, tetapi hanya dalam sekade terakhir mulai aktif berkembang lagi. Sekarang kita hanya melihat sekilas potensi dan pengaplikasiannya. Tugas utama AI adalah untuk melakukan tugas yang awalnya ditujukan untuk kognisi manusia: pengenalan pola, peramalan, dan membuat keputusan yang kompleks.

Algoritme dapat melihat dan menafsirkan dunia di sekitar kita, dan beberapa percaya bahwa mereka(AI) akan segera dapat merasakan emosi, kasih sayang, dan berkreasi. Meskipun impian ilmuan tentang AI benar-benar identik dengan pikiran manusia, tapi itu masih sangat jauh.

Perkembangan teknologi komputer telah malahirkan sebuah arsitektur yang didasarkan pada prinsip-prinsip fungsi otak manusia, neuron dan koneksi di antara mereka. Sistem seperti itu dapat terdiri dari ribuan lapisan, miliaran parameter, dan analisis sejumlah besar data variabel. Namun, tidak seperti otak manusia, perkembangan mereka didasarkan pada pilihan matematis dan pengenalan pola dari array dat.

Data awal atau parameter asli yang dapat di input seperti : gambar, segmen suara atau perhitungan dengan kartu kredit. Setelah diproses, kecerdasan buatan dapat memberikan solusi atau prediksi. Misalnya, kata-kata yang diucapkan pada catatan, apakah transaksi itu penipuan atau perilaku pasar lebih lanjut.

Terobosan ini dipromosikan oleh "ledakan data" yang berasal dari internet dan terkait dengan kegiatan, niat, preferensi orang. Sementara pikiran manusia berfokus pada hubungan yang paling jelas antara informasi dan hasil yang masuk, algoritme pembelajaran mesin, dengan menganalisis data besar, dapat mengungkapkan korelasi yang sangat halus sehingga kita bahkan tidak dapat menjelaskannya secara logis.

Menggabungkan ratusan atau ribuan lapisan memberikan keuntungan dibandingkan para ahli yang paling berpengalaman. Algoritma AI sekarang lebih unggul daripada orang-orang dalam mengenali ucapan dan individu, berbagai permainan, dan mendiagnosis jenis kanker tertentu berdasarkan hasil MRI.

Namun, untuk analisis, mereka membutuhkan banyak data untuk pelatihan dan kekuatan komputasi besar untuk memproses semua ini. AI modern juga hanya berfungsi di area tertentu dan tidak dapat menyamaratakan atau menggunakan akal sehat. Misalnya:

AlphaGo, yang mengalahkan juara dunia dalam game Go kuno tapi tidak bisa bermain catur;

Meskipun mempunyai keterbatasan, di bawah pengaruh teknologi komputer, kecerdasan buatan diturunkan dari era penemuan ke era realisasi. Saat ini, pusat gravitasi telah berpindah dari laboratorium penelitian ke aplikasi dunia nyata. Perusahaan dan pemerintah secara aktif mengeksplorasi area ini, mencari cara untuk menggunakan kemampuan AI modern dalam operasi mereka untuk mendapatkan hasil maksimal dari teknologi inovatif ini. Potensi kecerdasan buatan meningkat dan faktanha AI dapat kita gunakan di hampir semua bidang.

via : bitcryptonews.ru
ikuti toyoong.com di:

Posting Komentar

0 Komentar