Uni Eropa Ketok Palu untuk Membanned Meme


Parlemen Uni Eropa mengesahkan larangan membuat meme yang kontroversial.

Dalam keputusan akhir pekan lalu, Parlemen Uni Eropa lebih memilih mendukung hak cipta yang sangat kontroversial yang akan memaksa raksasa teknologi seperti Instagram dan Reddit untuk menghentikan penyebaran materi berhak cipta pada platform mereka.

Arahan, yang disebut “Pedoman Uni Eropa tentang Hak Cipta di Pasar Tunggal Digital” secara resmi, adalah gagasan terbaik Unieropa tentang cara memperbarui undang-undang hak cipta untuk di internet.

Dengan perubahan baru ini, para platform digital akan dituntut untuk menegakkan kebijakan tersebut.

Beberapa anggota legislatif yang mengadvokasi RUU mengatakan bahwa meme termasuk dalam kategori parodi, sehingga berarti mereka bebas untuk dibagikan karena satu orang tidak akan mendapatkan makna yang sama dari setiap gambar meme. Karena pada meme akan mengandung tulisan/pesan yang berbeda-beda.

Di sisi lain ada argumen yang menganggap bahwa meme itu jahat, bodoh yang bilang bahwa di dalamnya terdapat materi yang dilindungi hak cipta, meme jelas harus dibatasi.

Dengan di sahkannya undang-undang ini terkesan politisi di sana terlihat seperti takut akan sesuatu.

Menurut saya pribadi larangan ini hanya alasan untuk menyingkirkan meme karena ada perusahaan dan kelompok yang tidak menyukai gambar mereka digunakan.

Mereka tidak suka karyanya digunakan untuk hal-hal yang tidak mereka inginkan. Seperti Spongebob secara harfiah adalah kartun anak-anak tetap digunakan untuk yang tak semestinya.

Perusahaan tidak suka dan tidak memiliki kendali atas properti mereka sendiri, dan bisa kita pahami. Jika kita membuat kartun untuk anak-anak dan melihatnya digunakan di Twitter dengan tulisan yang sangat tidak ramah anak, kita mungkin sangat kesal dan jengkel.

Tapi apakah itu memberi kita hak untuk menghentikan orang itu menggunakannya seperti itu? Tidak. Jika semuanya terjadi, mungkin meme dan candaan tidak akan ada di internet lagi.

Alasan lain ada yang berspekulasi bahwa keputusan ini diambil karena stigma yang dimiliki beberapa meme. Dapat dibenarkan atau tidak, beberapa percaya bahwa meme berasal dari para opisisi di internet.

Undang-undang ini akan membuat dunia kita menjadi tempat yang kurang menyenangkan dan menyebabkan dunia kita selangkah lagi menuju mimpi buruk . Singkatnya, ini hal bodoh dan meme baik untuk dunia.
ikuti toyoong.com di:

Posting Komentar

0 Komentar